Buah-buah Roh

Posted: Senin, 27 Februari 2012 by THE WAY OF LIFE in
1

Emang udah jadi makanannya para siswa-siswi SMA kalo hadapin Ujian praktek Agama dengan disuruh membuat suatu khotbah, yah itu juga yang saya hadapi saat hadapi ujian praktek khotbah disekolah, diadakan penarikan lot, dan ayat yang saya dapat dari Galatia 5:22-23 about buah-buah Roh, so..this is my note about it when i make my Khotbah....heheheh,, okay....jadikan bahan belajar  acuan juga boleh kok...tenang udah teruji dan di periksa oleh para ahli theology...hehehe,,always succes!


GALATIA 5:22-23

Apakah ciri-ciri puisi?
                Pastinya terdiri atas beberapa bait,mempunyai sajak,Rima dan kata-katanya indah menggambarkan sesuatu.itulah cirri-ciri puisi,jika tak ada hal-hal itu maka itu bukanlah suatu puisi.
Lalu bagaimanakah dengan ciri-ciri orang Kristen yang sejati?
                Ciri-ciri orang Kristen yang sejati ialah Buah-buah Roh itu sendiri.mari kita melihat lebih dalam tentang buah-buah Roh itu sendiri,
1.KASIH
                Itu adalah mengasihi sesama dan terlebih Tuhan.Aku mengasihi mu karena Tuhan terlebih dahulu mengasihiku.kasih pada siapa saja,kasih tidaklah memilih-milih orang yang pantas dikasihi,tidak!kasih yang sejati mengasihi siapa saja bukan karena menginginkan embel-embel sesuatu atau apa saja.kasih yang sejati ialah kasih Agape,kasih tak menuntut balasan,yaitu kasih Yesus Kistus pada kita.Ia telah mengasihi kita,lalu apakah kita sudah mengasihiNya?Ia berikan 6 hari untuk bekerja dan 1 hari untuk beribadah kepadaNya,namun seringkali kita masih mencuri 1 hari itu untuk kepentingan lain kita.apakah itu wujud kasih kita padaNya?
2.SUKACITA
                Bukan hanya diartikan sebagai suatu saat kita sedang mengalami suatu berita baik baru kita sukacita,tapi marilah kita membawa setiap hal dalam hidup kita suka maupun duka sebagai sukacita besar oleh karena kita percaya Tuhan punya rencana indahdibalik setiap kejadian baik ataupun buruk dalam hidup kita.itulah ciri-ciri orang Kisten yang sejati.
3.DAMAI SEJAHTERA
                Mengapa banyak orang jaman ini merasa bahwa dalam hidup mereka,mereka tidak mendapatkan damai sejahtera?itu karena mereka salah pegangan.banyak orang sekarang ini menimbang sebuah damai sejahtera dari berapa banyak harta yang mereka punya,atau berapa banyak uang mereka miliki.mereka telah salah pegangan,dan orang seperti itu bukanlah orang Kristen yang sejati,dalam hidup mereka akan terus haus dan tak pernah puas atas segala yang mereka dapatkan.karena mereka tak pernh mengenal dengan benar siapa pemberi damai sejahtera itu,Yesus Kristus.
4.KESABARAN
                Jika kita perhatikan tanah liat guci-guci yang indah,pernahkah kita tahu bagaimana cara pembuatannya?bagaimana hal-hal yang terbuat dari tanah liat itu dapat dibentuk sedemikian rupa indahnya.itu karena tanah liat itu mempu menghadapi poses.ia sabar dalam menjalani proses,dari dihancur-hancurkan,diencerkan,dibentuk,dibakar,diukir,tanah liat itu sabar jalani proses,kaena itu ia mampu menjadi suatu bentuk yang indah.begitu juga dengan orang-orang Kristen saat ini,salah satu ciri-ciri orang Kristen yang sejati adalah ia sabar dalam segala hal,ia sabar menanggung derita karena ia tahu itu adalah sebuah proses untuk dia akan menjadi indah pada akhirnya.
5.KEMURAHAN
                Ciri-ciri orang Kristen yang sejati juga adalah murah hati.ia memberi apa yang ia punya,mencoba memberikan sesuatu yang baik untuk sesamanya.
6.KEBAIKAN
                Orang Kristen yang sejati menjaga perilakunya dengan baik,menjaga perilaku dengan baik bukan berarti munafik,tapi mencerminkan dengan baik perilaku hidup yang Kristus ajarkan,mengikuti teladan hidup yang Yesus tunjukan.
7.KESETIAAN
                Orang Kristen yang sejati adalah orang Kristen yang setia melakukan Firman Tuhan.bukan hari ini ia setia namun esok sudah lupakan,tidak!setia berarti melakukan secara terus menerus dengan baik dan tidak tidak akan pernah meninggalkan hal itu.jadi jika ia melakukan sebuah perintah Tuhan dalam Firman Tuhan,maka akan ia lakukan terus dan tidak akan berhenti.
8.KELEMAH-LEMBUTAN
                Berkaitan dengan ciri orang Kristen yang rendah hati,bijaksana,baik,dan tidak sombong.ingatlah bahwa Tuhan tidak suka orang sombong maka jangan jadi orang yang sombong.
9.PENGUASAAN DIRI
                Oang Kristen yang sejati selalu sadar setiap waktu.apa maksudnya?sadar setiap waktu adalah orang Kristen yang dapat mengendalikan dirinya dengan baik terhadap setiap hari dalam hidupnya,karena iblis mengintai untuk membawa manusia jatuh dalam dosa,maka karena itu jangan sampai manusia itu lengah hingga iblis dapat menjatuhkan manusia.ia harus dapat menguasai dirinya,bukan dirinya yang menguasai dia.

Banyak orang mengerti tentang buah-buah Roh ini,bahkan mengerti sedalam-dalamnya tentang hal buah-buah roh namun sedikit yang melakukannya.mengapa bisa terjadi hal seperti itu?
1.karena ia tidak punya pengenalan.
                Ia tidak pernah tahu dan mengerti tentang hal-hal itu,
2.tidak ada penyerahan diri.
                Ia mungkin tahu tentang buah-buah Roh,namun tak pernah mau ia melakukannya,oleh karena ia lebih cinta menjadi orang dunia yang sejati hidup dalam gelap dibandingkan menjadi orang kristen yang sejati yang syaratnya sangat tinggi dan susah untuk dijalankan.

Lalu bagaimana agar dapat menjalankan buah-buah Roh itu.
1.ia mestilah mengerti dengan benar tentang buah-buah roh itu.
2.ia mau menyerahkan dirinya untuk melakukan buah-buah Roh itu dan paling penting menerima dengan sungguh Tuhan Yesus dalam hidupnya,
Marilah kita menjadi orang Kristen yang sejati dengan memenuhi buah-buah Roh itu.
Kiranya Firman Tuhan ini menolong kita semua menjadi orang-orang Kristen yang sejati.

AMIN

josuasengge.blogspot.com

1 komentar:

  1. disaksikan oleh om ony nussy pu ana..